Thursday, June 21, 2012

BERAPA Masa Pakai Usia Monoshock???????


  
MotoBike - “Persoalan yang sering timbul pada monoshock Yamaha Scorpio terletak pada bushing, connecting Rod (Conrod)arm relay, serta bushing dan bearing swing arm. Mungkin karena letaknya di bawah, jadi sering kurang mendapat perhatian,” ungkap Aboet, punggawa dari bengkel Rider & Bike Depok yang berlokasi di bilangan Tanah Baru, Depok.
Menurut Aboet, bagian conrod arm relay ini idealnya mendapat perawatan dua bulan sekali, atau perhitungan dua kali servis mesin. Dampak conrod arm relay yang tidak mendapat perhatian itulah yang kerap menyebabkan monoshock bekerja tidak maksimal.
Perawatan yang dibutuhkan untuk menjaga kinerja monoshock Yamaha Scorpio, adalah pada bagian conrod arm relay yang harus diberi pelumasan. “Jika kasus yang menimpa motor Bro Aditya sepertinya bushing conrod arm relay sudah kemakan. Kalau sudah sampai baret pada saat pemeriksaan berarti bushing-nya yang harus diganti,” imbuh Aboet.
Harga bushing original sekitar Rp 48 ribu, tapi di bengkel R & B Depok ada bushing hasil custom R&D internal harganya Rp 40 ribu. Biaya pemasangan sekitar Rp 20 ribu. Persoalan terparah bila conrod arm relay-nya yang kena dan harus diganti. Kalau ini yang terjadi, maka biayanya cukup besar. Karena harga conrod orisinil harganya sekitar Rp 300 ribu, sementara arm relay nya sekitar Rp 350 ribu.
Oleh karenanya Bro Aboet menyarankan, jangan sampai hal yang terkesan sepele soal perawatan di atas luput dari perhatian.  

recomneded