Thursday, June 7, 2012

Honda C-50, Choppy Chub Kumaha Aing


Kumaha aing atau terserah saya, ungkapan bebas dalam hal berekspresi, coba dituangkan Salim Bajri pada modifikasi Honda C-50 atau biasa disebut Pispot. Tema yang dipilih menganut model choppy cub, namun tidak terlalu pakem deng­an aroma kental dari modif tersebut. Tampilan choppy cub aslinya terkesan simpel. Makanya nyaris seluruh bodi dipangkas, hanya menyisakan beberapa detailnya saja. “Mulai dari frame tengah hingga buritan, kena proses mutilasi. Sedang­kan rangka depan tetap dipertahankan aslinya, “urai Yudi Satria, builder Ape Motorcycle (AM) yang didaulat mengubah pispot. Langkah awal Yuza fokus sektor rangka. Bagian tengah yang mencakup tangki serta buntut belakang kena papas. Paling mudah tangkinya. Karena tangki C-50 umumnya terpisah dengan rangka. Makanya kerap disebut dengan motor Pispot. Sedangkan bagian jok, Yuza sepertinya paham dengan tema konsep yang diusung. “Dipilih bentuk yang sedikit rata dan tidak terlalu besar menyeimbangkan bentuk bodinya,“ ungkap Yuza.
Karena tangki aslinya dicabut, Yuza mene­rapkan tangki hasil custom untuk dipasang pada bagian tengah frame sebagai penambahan bentuk agar tekesan padat. Lanjut sektor depan. Peredam kejut dipasok dari miliknya Honda GL100 yang dipercaya ampuh menahan laju beban pada jalan yang terjal sekalipun. Ditemani setang model z-bar yang sesuai dipadukan konsepnya. Sedang buritan, sok YSS disandingkan swing arm Honda Grand. Guna mengejar bentuk dan menyamarkan kesan padat, saluran buang dipilih rada gambot. “Bekas motor matic, “ tutup Yuza yang buka gerai di Jl. Perjuangan No. 70, Majasem, Cirebon. (www.motorplus-online.com) DATA MODIFIKASI Ban depan : IRC 2,75-17 Ban belakang : IRC 3,00-17 Knalpot : CLD AM : 85224387676

recomneded