HONDA

Bro Sekalian, Satu lagi pembahasan Komparasi teknis 3 Trisula Motor sport 250cc Yakni Honda CBR 250RKawasaki Ninja 250R dan Hyosung GT250R. Kenapa TMCBlog rasa cukup menarik untuk angkat pembahasan ini? . ..  Karena sepertinya ini merupakan pembahasan yang paling mendekati kondisi persaingan ketiga motor di Indonesia pada masa masa ke depan. Ninja 250R yang dibahas merupakan Versi Amerika yang menggunakan Karburator sama dong dengan versi Indonesia, GT250R sepertinya hanya menunggu waktu saja dirilis di Indonesia Via Honlei Motor dan Tentu saja CBR 250R di USA sama persis dengan Yang di Indonesia . . . so mari Kita kupas hasil komparasi Majalah Motorcyclist edisi Juli 2011 ini.
ERGONOMI
Silahkan Cek  ke tiga gambar garis segitiga Ergonomi di atas kita bisa analisa bahwa . . . surely . ..  Hyosung GT250R merupakan Yang paling bergaya ‘balap’ dari ketiganya . . . Jangkauan tangan  di GT250R adalah yang paling panjaaang 76,5 cm inchi bos !! lalu CBR merupakan motor yang paling Friendly jangkauannya hanya 67,3 . . . Ninja 1 cm lebih panjang dari CBR. So Untuk rider asia yang rata rata memiliki jangkauan kecil, Ninja dan CBR adalah pilihan yang cukup friendly
nah sekarang gimana posisi tekukan kakinya . . . GT250R kembali  . . . sangat Racy, dengan sudut 89,1 . . . dan jarak paling pendek 44,5 cm , makenya dijamin memelik tangki bangeeet . . . CBR dan Ninja memiliki jarak seat-footpeg yang sama yakni 47,5 cm namun sudut CBR lebih lebar yakni 91,6 derajad . . . ini membuat CBR memberikan extra leg room lebih dibanding Ninja . . . kenapa? Dengan sudut lebih kecil, dengkul kaki akan lebih nekuk bro, cmiiw.
PERFORMA MESIN
Jika Kita Lihat ketiga data Hasil Dyno yang dilakukan Oleh Motorcyclist maka dapat diketahui bahwa CBR 250R merupakan Motor yang paling torqi di RPM Bawah maupun menengah . . . Gile Bro . . . di rpm 3 ribuan aja  . . . torsinya udah berada di atas 10 lb.ft . . . sedangkan  GT250R berada di sekitar angka 10 lb.ft dan Ninja 250R berada di Bawah 10 lb.ft . . . so dalam keadaan yang sama sama standar, Memang Logis CBR merupakan rajanya Drag di rpm rendah-menengah sampai 400 meteran
Sedangkan Top Power di pegang oleh Ninja 250R  yang membukukan angka 24,6 bhp @10.250 rpm diukur di Ban belakang . ..  selain memiliki top speed tertinggi diatas ketiganya, Ninja 250R memiliki kelebihan lain . . .getaran di RPM tinggi paling miniiim bro . . . menurut Motorcyclist Mesin CBR 250R akan mulai menggetarkan kaca spion dan terasa di footpage pada rpm mulai 10.500 rpm. Dari data diatas, Ninja 250R dan GT250R memiliki kuva yang cukp linear, sedagkan CBR 250R sedikit ada drop power di rpm 5.000 . . . setelah itu linear cenderung parabolic sampai rpm 8 ribu-an
DATA PERFORMA TEST JALAN
Hyosung GT 250R
Kawasaki Ninja 250R
Honda CBR 250R
Ok gimana Performanya ketika di adu Data drag 1/4 mile (650 meter) dari keadaan diam di jalanan . . . Ninja 250R merupakan motor tercepat dengan catatan waktu 15,3 detik dengan top speed 135,4 km/jam . . . begitupun ketika dicoba akselerasi gear terakhir dari 96,5 km/jam sampai 128,75 km/jam . . . Ninja hanya butuh 6,3 detik . . . disinyalir dikarenakan unggul power Ninja 250R bisa begini cepet
Sedangkan CBR 250R walau hanya memiliki mesin 1 silinder, namun dalam adu data Drag masih lebih cepat dari GT250R yang bermesin V-Twin. CBR 250R membukukan waktu 16,2 detik untuk melibas 650 meter dari keadaan diam sedangkan GT250R lebih lambat 0,6 detik. Begitupun akselerasi top gear dari 96,5 km/jam sampai 128,75 km/jam . . . CBR hanya butuh 8,2 detik, sedangkan GT250R lebih lambat 0,4 detik
Lalu Bagaimana Efesiensi Konsumsi bahan Bakar . . . Dari data hasil pengujian Motorcyclist dapatlah kita simpulkan bahwa CBR 250R merupakan yang paling irit dengan rata rata mileage 28 km/liter . . . sedangkan GT250R berada ditengah tengah dengan mleage 26,4 km/liter . . . dan Ninja 250R merupakan motor paling nggak irit diantara ketiganya dengan Mileage rata rata 22 km/liter . . .
TMCBlog melihat ketiganya memiliki diferensiasi baik dari ergonomi, performa mesin, performa betot dijalanan dan terakhir konsumsi bahan bakar . ..  Namun dibalik itu ada lagi aspek yang bisa menjadi bahan pertimbangan . . .yang pertama adalah bentuk Hyosung GT250R memang sangat Moge memiliki garis desain GSX R Family . . . dimensinya sama dengan GT650R . . . CBR 250R sangat VFR 1200 sedangkan Ninja 250R cukup Manly dengan desain yang beraura genre ninja series
Setelah itu masalah fitur CBR 250R memiliki Dashboard yang juga sangat VFR 1200, Injeksi, dan C-ABS. GT250R memiliki dashboard digital yang terangnya bisa diatur atur, rerarset yang adjustable, sok depan USD, dan dual disc Brake di depan  . . . Ninja 250R nggak terlalu banyak berkutat di detail fitur, dashboardnya hanya mengalami minor change ganti warna . .  thats All . . . namun memang paling kenceng
Bagaimana maintenancenya? Di USA sana Hyosung GT 250R merupakan motor yang menurut anjuran Pabrikan harus paling sering masuk bengkel . . . tercatat ganti Oli dan setel klep setiap 4.000 km. Ninja 250R diurutan kedua . . . yakni ganti Oli dan filter pada 9.600 km (keget euuy . . beneran niy? ) dan setel kerenggangan Klep setiap 12 rb km bro . . . CBR 250R adalah yang paling jarang masuk bengkel . . . ganti Olinya di setiap 12.800-an km dan setel klep di setiap 25.740 km bro . . . wedeeeehh . . .
nah semuanya lengkap kap kap menjadi bahan pertimbangan . . . sekarang tinggal bro pilih dah sesuai dengan keinginan, kemampuan dan minat . . . Semoga Ulasan ini bermanfaat . . . selamat berlibur


recomneded